Home / Advertorial / Pemerintah

Minggu, 9 Juni 2024 - 12:59 WIB

Sekda Kukar Resmi Menutup MTQ Tingkat Kecamatan Kota Bangun Darat

Penutupan MTQ Tingkat Kecamatan Kota Bangun Darat

Penutupan MTQ Tingkat Kecamatan Kota Bangun Darat

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Kota Bangun Darat 2024 yang digelar mulai 1 Juni lalu, di halaman Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Suka Bumi, resmi di tutup oleh Ketua Umum (Ketum) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono.
Penutupan kegiatan tersebut, ditandai penyerahan piala juara umum, pemukulan gong, penurunan Bendera MTQ, dan penyerahan piala bagi para Kafilah (peserta) dari 10 Desa yang mengikuti lomba MTQ tingkat kecamatan tersebut.
10 Desa yang berpartisipasi adalah Desa Benua Baru, Sedulang, Kedang Ipil, Wono Sari, Suka Bumi, Sari Nadi, Sumber Sari, Koba I, Koba II, dan Koba III.
Kemudian, keluar sebagai juara umum pada MTQ ke-1 tingkat Kecamatan Kota Bangun Darat adalah Kafilah Desa Sari Nadi (SP5) dengan jumlah nilai 55 poin dan mengungguli 9 desa lainnya.
Ketum LPTQ Kukar, Sunggono mengatakan MTQ merupakan wadah untuk membumikan Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat. Melalui MTQ, diharapkan generasi muda dapat memahami dan mengamalkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
Bagi kafilah yang dinyatakan sebagai juara umum, kata Sunggono yang juga Sekda Kukar ini keberhasilan yang telah diraih dengan susah payah ini janganlah ditelantarkan.
Para peserta terbaik yang telah dinyatakan sebagai juara, hendaknya harus tetap mengaca diri untuk menghadapi pertandingan yang lebih tinggi.
“Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya MTQ ke-1 tingkat Kecamatan Koba Darat pada tahun ini. Hal ini menunjukkan bahwa semangat syiar Islam dan kecintaan terhadap Al-Qur’an masih terjaga di tengah-tengah masyarakat di kecamatan Kota Bangun Darat, ini terbukti dengan suksesnya seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan MTQ dari pembukaan hingga penutupan malam ini,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana M Sabri dalam laporannya menyampaikan bahwa dana yang digunakan selama kegiatan MTQ ini berlangsung. Bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) sebesar Rp 50 juta dan Rp 71 juta yang bersumber dari swadaya masyarakat serta donatur-donatur lainnya.
“Alhamdulillah dengan jumlah dana yang kami kelola sebesar 121 juta mampu menyelenggarakan kegiatan MTQ ini hingga selesai dan sukses,” pungkasnya. (adv/diskominfo/kukar)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Dua Penghafal Al Quran Asal Kota Bangun Diberangkatkan Rendi Solihin ke Umroh Tanah Suci

Advertorial

Bertualang dan Menikmati Keindahan Alam di Objek Wisata Batu Dinding Kecamatan Samboja Barat

Advertorial

Guru PPPK Minta Kenaikan TPP, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Menyebut Akan Perjuangkan

Infrastruktur

Sekda Sebut Pertumbuhan Ekonomi Kaltim Meningkat Dampak Pembangunan IKN

Advertorial

Tingkatkan Kualitas Kebun Sawit Milik Masyarakat, Pemkab Kukar Luncurkan Program STDB

Pemerintah

Pemkab Kukar Hibahkan Tanah Untuk BPS

Advertorial

Pelayanan di Disdukcapil Tetap Normal Pada Bulan Ramadan

Advertorial

Kepala Dinkes Kukar Jabarkan Kewenangan Prioritas Penanganan Stunting