Home / Serba Serbi

Minggu, 5 Februari 2023 - 11:45 WIB

Varietas Durian Long Iram Dipatenkan Melalui Kontes Durian Unggul

Kontes Durian Unggul di Kecamatan Long Iram

Kontes Durian Unggul di Kecamatan Long Iram

KUTAI BARAT, ekspossi.com – Kontes Durian Unggul kembali digelar di Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat (Kubar) setelah terakhir dilaksanakan pada tahun 1987 silam.

Kontes yang digelar oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Long Iram, pada Jumat (3/2/2023), diikuti puluhan peserta.

Kepala BPP Kecamatan Long Iram, Decky Natalian mengatakan, selain karena memang musim durian dan sudah lama tidak dilaksanakan, kontes durian unggul ini kembali digelar dalam upaya mematenkan varietas durian Long Iram.

“Para pemenang lomba akan kita sertifikasi, kita usulkan melalui Dinas Pertanian untuk memberikan hak paten, selain dua jenis varietas durian Long Iram yang sudah mendapat hak paten yakni jenis varietas durian Mawar dan durian Ligit dari Kementerian Kehutanan tahun 2002 lalu,” kata Decky Natalian.

Menurut Decky, upaya ini dilakukan agar durian Long Iram tidak diklaim, karena masih banyak ditemukan penjual durian di daerah lain yang terkadang menjual komoditas holtikultura tersebut mengatasnamakan durian Long Iram. Sementara durian Long Iram terkenal dengan ciri khas tersendiri.

Baca Juga :  Pemprov Kaltim Berikan Emas PROPER kepada 14 Perusahaan Saat Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

“Ciri khas durian Long Iram itu, pertama dari rasa, itu istilahnya tidak bisa diganggu gugat, memiliki cita rasa yang tinggi. Kemudian dari sisi warna juga sangat menarik, ada yang orange, ada yang kecoklatan, warna tembaga, bahkan ada yang warna putih susu. Berikutnya dari sisi ketebalan daging durian Long Iram ini memiliki ciri khas tersendiri,” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kubar, Petrus yang hadir sekaligus menjadi salah satu juri dalam kontes itu mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh BPP Kecamatan Long Iram. Sebab melalui kontes durian unggul ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, baik di Kecamatan Long Iram maupun Kabupaten Kutai Barat secara luas.

Baca Juga :  Kecamatan Anggana Sudah Melakukan Persiapan Agar Prosesi Mengulur Naga Berjalan Lancar

“Saya pikir, kedepannya ini bisa menjadi sebuah agenda rutin, bisa kita agendakan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di Kecamatan Long Iram khususnya, dan Kutai Barat umumnya,” katanya.

Ia berharap, kegiatan yang sama bisa dilakukan di daerah penghasil durian lainnya di Kubar, sehingga bisa dikenal banyak orang dan memberikan dampak ekonomi kepada warga masyarakat di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Adapun pemenang dalam Kontes Durian Long Iram yakni, juara I diraih oleh M. Rusli dengan varietas Durian “Tangkai Besi” dari Long Iram Ilir. Kemudian Juara II diraih oleh Rahmat, Warga Kampung Long Iram Bayan dengan varietas Durian “Kai Bayan”. Selanjutnya, Juara III diraih oleh Hendra Effendy dari Kampung Long Iram Ilir dengan varietas Durian “Tempukuq”.

Share :

Baca Juga

Hukum - Kriminal

Sosialisasikan dan Beri Kesadaran Hukum kepada Masayarakat, Kejari Kukar Rutin Siaran di RPK FM

Pemerintah

Puluhan Ribu Warga Padati Stadion Aji Imbut pada Malam Puncak, Kukar Land Festival 2023 Dapat Apresiasi Positif

Serba Serbi

Pimpin KBBKT Safari Ramadan di Paser, Irianto Lambrie Sebut Sambutan Begitu Hangat

Serba Serbi

Gerakan Sedekah Rombongan Kukar Sediakan Warung Makan Gratis

Advertorial

Dedikasi dan Kegigihan Bupati Edi Damansyah : Kisah di Balik Kebangkitan Pertanian Kutai Kartanegara

Serba Serbi

Kerukunan Bubuhan Banjar Kukar Gelar Musdalub, Buka Penjaringan Ketua Umum

Serba Serbi

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, KBB Kukar Turut Berbagi di Panti Asuhan

Serba Serbi

Obyek Wisata Pulau Kumala Kembali Dibuka, Obati Kerinduan Wisatawan