Home / Bisnis / Ekonomi / Energi / Pendidikan-Kesehatan / Serba Serbi

Kamis, 20 Juni 2024 - 17:21 WIB

Wujudkan Penambangan Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan, PT MHU Gelar Seminar Implementasi Good Mining Practice

Seminar Implementasi Good Mining Practice di Universitas Mulawarman

Seminar Implementasi Good Mining Practice di Universitas Mulawarman

SAMARINDA, eksposisi.com – PT Multi Harapan Utama (MHU), sebagai bagian dari MMS Group Indonesia (MMSGI) menunjukkan komitmennya terhadap kelekstarian lingkungan dengan menggelar seminar bertajuk “Implementasi Good Mining Practice Guna Keberlanjutan Kelestarian Lingkungan” di Universitas Mulawarman, pada Sabtu (15/6/2024).

Kepala Teknik Tambang PT MHU, Aris Subagyo, dalam sambutannya menekankan pentingnya inovasi teknologi untuk melakukan pengelolaan dampak lingkungan.

”Kami perccaya bahwa dengan pendekatan yang tepat, penambangan bisa dilakukan secara berkelanjutan tanpa merusak lingkungan.” ujar Aris.

Pada agenda ini juga menghadirkan beberapa pihak yang turut memberikan sambutan, yaitu: Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Timur (Kaltim), Anwar Sanusi; Koordinator Perlindungan Lingkungan Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Horas Pasaribu,  dan Wakil Dekan II Universitas Mulawarman, Muslimin.

Koordinator Perlindungan Mineral dan Batubara KESDM, Horas Pasaribu, menekankan pentingnya komitmen perusahaan dalam menjalankan kaidah pertambangan yang baik.

Baca Juga :  SDN 002 Tenggarong Tanamkan Budaya Tertib Buang Sampah Sejak Dini

”Kami berharap komitmen dari MHU dan perusahaan-perusahaan tambang lainnya untuk terus menjalankan praktik-praktik yang mendukung keberlanjutan lingkungan,” tegas Horas.

Adapun pemateri dari seminar ini berasal dari berbagai ahli di bidangnya, di antaranya: Anggiat Parsulian Manalu, (Inspektur Tambang KESDM), Noor Utami,(Sekretaris DLH Kaltim), Lucia Litha Respati, (Dosen Teknik Pertambangan Universitas Mulawarman), dan Muslim Gunawan (Community Devevelopment Superintendent PT MHU).

Agenda ini merupakan bagian dari program PT MHU Goes to Campus yang membahas berbagai topik, termasuk penerapan teknologi ramah lingkungan, strategi mitigasi dampak lingkungan, serta kolaborasi antara perusahaan tambang, masyarakat dan pemerintah.

Penggunaan teknologi modern untuk mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas penambangan, seperti teknologi pemulihan lahan pascatambang dan penggunaan energi terbarukan, turut menjadi materi diskusi.

Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) perusahaan dengan inisiatif yang melibatkan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan, seperti program edukasi lingkungan, dukungan bagi usaha kecil dan menengah (UKM), serta proyek sosial yang berdampak positif juga menjadi bahasan dalam seminar. Selain itu juga dipaparkan strategi yang efektif untuk mengurangi dampak negatif dari operasi penambangan, seperti pengelolaan air limbah, kontrol debu, dan pemantauan kualitas udara.

Baca Juga :  Instead of a Sports Fan, Become a Sports Participant

Berlangsung di Universitas Mulawarman, seminar ini dihadiri para akademisi, mahasiswa, perwakilan MHU, dan praktisi di bidang pertambangan dan lingkungan. Universitas Mulawarman, yang didirikan pada tahun 1962, dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Kaltim.

Keterlibatan PT MHU dalam kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara dunia industri dan akademisi untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompetitif dan berdaya saing tinggi dalam mewujudkan penambangan berkelanjutan. (fdl)

Share :

Baca Juga

Advertorial

SDN 001 Tenggarong Rutin Melakukan Kegiatan P5 Pada Akhir Pekan Sebagai Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar

Energi

Entrepreneurs Embrace In-House Fitness

Advertorial

Manfaatkan Potensi Sungai, Warga Desa Handil Terusan Sediakan Jasa Gaet Bagi Pemancing

Advertorial

Disdikbud Kukar Berupaya Penuhi Ketersediaan Tenaga Kepala Sekolah Melalui Seleksi Guru Penggerak

Bisnis

Januari Hingga April, Total Ekspor Non Migas Kaltim ke Uni Eropa Mencapai 191,78 Juta Dolar

Advertorial

Disdikbud Kukar Sukses Menggelar FLS2N Tingkat SD se-Kukar

Advertorial

Program Padat Karya Produktif Distransnaker Dilaksanakan di Kelurahan Maluhu

Politik

Relawan Santri Dukung Ganjar Gelar Senam Bersama PDI-P Kukar