Home / Serba Serbi

Minggu, 9 Juli 2023 - 20:26 WIB

KBB Tampilkan Replika Rumah Adat Banjar dan Beladiri Kuntau di Kirab Kukar Festival Budaya Nusantara

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Penyelenggaraan Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) tahun 2023 berlangsung meriah. Puluhan sanggar kesenian serta paguyuban kedaerahan turut memeriahkan festival ini. Tak terkecuali Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Kutai Kartanegara yang menghadirkan rumah adat banjar dan beladiri kuntau khas Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sebanyak 27 kelompok seni dan paguyuban di Kirab Budaya tampil unjuk kebolehan sekaligus menandai dimulainya Kukar Festival Budaya Nusantara tersebut. Kirab budaya dimulai dari Sekretariat Gerbang Raja menuju halaman Kedaton Kesultanan Ing Martadipura.

Salah satu yang turut menjadi perhatian yakni replika rumah adat banjar yang berada di tengah-tengah rombongan KBB Kukar di bawah kepemimpinan Ketua Umum H Rakhmadi.

Ketua Umum KBB Kukar Haji Rakhmadi melalui Sekretaris Umum KBB Kukar Muhammad Fatwa menyampaikan, keterlibatan KBB Kukar pada kegiatan ini, merupakan bentuk partisipasi pada event-event yang digelar oleh Pemkab Kukar melalui Dinas Pariwisata. Selain itu juga sebagai bentuk sosialisasi kepada seluruh warga Kukar bahwa warga Banjar yang bermukim di Kukar ini telah menjadi bagian dari Masyarakat Kukar.

Baca Juga :  Peringatan HUT PGRI ke-77, Disdikbud Kukar Menggelar Senam Guru Idaman

“Sehingga apapun bentuk kegiatan dan aktifitas yang bernilai positif bagi kemajuan daerah Kukar, KBB siap untuk terlibat dan turut serta didalamnya,” ujarnya.

Terlebih lagi lanjut dia, pada gelaran Festival Budaya yang dilaksanakan kali ini, organisasi KBB Kukar berupaya untuk mengenalkan lebih dekat tentang adat, budaya dan seni yang ada di kalangan masyarakat Banjar.

Baca Juga :  Gerakan Sedekah Rombongan Kukar Sediakan Warung Makan Gratis

Sehingga, pada kesempatan ini Pengurus Daerah KBB Kukar menampilkan rumah adat Banjar dan seni bela diri Kuntau yang merupakan ciri khas dan hasanah budaya Banjar.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah mengapresiasi dan menyambut baik kontribusi paguyuban kedaerahan yang ikut berpartisipasi. Terlebih lagi, dalam rangka melestarikan kebudayaan nusantara serta kearifan lokal di tanah kutai. Terlebih lagi Kukar saat ini sebagai daerah mitra pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satunya untuk meningkatkan ekonomi kreatif dan melestarikan budaya.

“Selain melestarikan seni budaya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong ekonomi kreatif dan pembangunan pariwisata,” kata Edi Damansyah. (kkr)

Share :

Baca Juga

Industri

PT MHU dan TNI Bersinergi Membangun Sarana Air Bersih untuk Warga Desa Lung Anai

Peristiwa

SBY Bermimpi Naik Kereta Bersama Jokowi dan Megawati, Tiket Perjalanan Dibayari Presiden ke-8 RI

Pemerintah

HPN 2024, Wabup Kukar Ungkap Jurnalis Sebagai Teman Diskusi Bertukar Pikiran

Serba Serbi

“BMX For Fun” Ajang Reuni Rider BMX Kaltim

Serba Serbi

Warga Kelurahan Loa Ipuh Gotong Royong Bersihkan Sampah di Sungai

Advertorial

Pemdes Perian Berupaya Mengembangkan Wisata Air Terjun, Diharapkan Bisa Menambah PADes

Advertorial

Dedikasi dan Kegigihan Bupati Edi Damansyah : Kisah di Balik Kebangkitan Pertanian Kutai Kartanegara

Bisnis

PT MHU- MMSGI Bagikan Puluhan Hewan Kurban pada Iduladha 1444 Hijriah