Home / Hukum - Kriminal

Selasa, 5 Juli 2022 - 17:41 WIB

Lapas Kelas II A Tenggarong Kembali Membuka Kunjungan Tatap Muka

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) tengah membuka kembali layananan kunjungan tatap muka bagi masyarakat yang ingin membesuk warga binaan. Layanan kunjungan secara langsung itu dibuka sejak, Selasa (5/7/2022).

Kepala Lapas Kelas II A Tenggarong, Agus Dwi Rijanto, mengatakan, sejak Maret 2020 lalu, layanan kunjungan di Lapas Kelas II A Tenggarong telah ditutup akibat pandemi Covid-19. Karena kasus Covid-19 sudah melandai, sehingga layanan kunjungan tatap muka boleh dilakukan.

Namun, layanan kunjungan ini dibuka secara terbatas. Hanya keluarga inti saja yang boleh mengunjungi para warga binaan yang ada di dalam lapas. Selain itu, masyarakat yang boleh mengunjungi warga binaan secara langsung hanya yang sudah mendapatkan vaksin booster atau vaksin ketiga.

Baca Juga :  Sinergi Pemkab dan TNI Wujudkan Kukar Sebagai Lumbung Pangan Penunjang IKN

“Jadi kunjungan terbatas ini sesuai surat edaran nomor 12 tahun 2022, ini satu orang warga binaan selama satu minggu hanya bisa sekali dibesuk. Syarat dan ketentuan berlaku, minimal harus vaksin booster dan hanya orang terdekat yang bisa masuk,” jelasnya.

Pertemuan tatap muka antara pengunjung dan warga binaan juga diberikan batas waktu. Paling lama waktu berkunjung selama 15 menit. Hal itu dilakukan agar para pengunjung yang lain juga mendapat kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan keluarganya.

“Kita sesuaikan waktunya, paling tidak besukan selama 15 menit,” sebutnya.

Baca Juga :  Mengenang Jasa Pahlawan, Ketua DPRD Kukar Bersama Forkopimda Ziarah ke TMP Bukit Biru

Namun, bagi pengunjung yang belum divaksin bosster, maka akan diberi fasilitas layanan kunjungan secara Dalam Jaringan (Daring).

Pada perayaan hari rya Iduladha nanti, Lapas Kelas II A Tenggarong juga memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk bertemu langsung dengan warga binaan. Namun, layanan kunjungan berbeda dengan hari biasa.

Pengunjung dan warga binaan akan dipertemukan di tempat terbuka, yaitu di lapangan Lapas Kelas II A Tenggarong. Karena diprediksi akan ada banyak pengunjung yang datang pada hari raya Iduladha nanti.

“Kita temukan di lapangan dan kita kasih waktu 15 menit, biar mereka bisa ketemu langsung dan makan bersama,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Hukum - Kriminal

Hadi Tjahjanto Dilantik Jadi Menko Poluhukam, Bakal Prioritaskan Penanganan Kasus BLBi

Hukum - Kriminal

Kasat Lantas Polres Kukar Pantau Pos Terpadu Operasi Ketupat Mahakam 2022

Hukum - Kriminal

Jalin Silaturahmi Bersama Masyarakat, Polres Mahakam Ulu Rutin Menggelar Jumat Curhat
Barang terlarang hasil sitaan petugas

Hukum - Kriminal

Lapas Kelas IIA Tenggarong Musnahkan Barang Terlarang Hasil Razia Juli-Agustus

Hukum - Kriminal

Balita di Samarinda Positif Narkoba Usai Bertamu ke Rumah Tetangga

Hukum - Kriminal

Vendor Penjualan Tiket Coldplay Dipanggil Polisi, Klarifikasi Terkait Laporan Penipuan Jastip

Hukum - Kriminal

Suami Istri di Kubar Nekat Mencuri Emas Karena Terlilit Utang

Hukum - Kriminal

Cegah HIV dan TBC, Lapas Kelas IIA Tenggarong Skrining WBP