Home / Hukum - Kriminal

Selasa, 14 Maret 2023 - 17:53 WIB

Pengedar Obat Keras di Kubar Dibekuk Polisi, Tersangka Memesan Barang Melalui Jasa Online

KUTAI BARAT, eksposisi.com – Jajaran Satrskoba Polres Kutai Barat (Kubar) berhasil mengamankan pria berinisial Y (33) warga Kampung tutung, Kecamatan Linggang Bigung. Yang tertangkap tangan sedang mengedarkan jenis obat keras yorindo atau yaridon di Kampung Ombau asa, Kecamatan Barong Tongkok, pada Sabtu (7/3/2023).

WaKapolres Kubar Kompol I Gede , melalui Kasat Narkoba AKP Bitap Riyani menjelaskan, pengungkapan ini bermula dari laporan masyarakat, bahwa di kawasan tersebut sering terjadi transaksinarkoba. Menindaklanjuti informasi tersebut, Tim Opsnal Satreskoba Polres Kubar berangkat ke lokasi untuk melakukan penyelidikan.

Dari hasil penyelidikan polisi berhasil mengamankan F yang memiliki barang sebanyak 275 butir, sehingga dari pengakuannya bahwa yang memberikan barang itu adalah Y asal warga tutung.

Baca Juga :  Manfaatkan Potensi Sumber Daya Alam, Desa Muara Wis Kembangkan Objek Wisata Danau 10 Nusa

“Dari Y alias S didapati barang bukti berupa satu bungkus plastik warna merah maroon yang dilakban warnah putih didalamnya berisi obat yaridon 1360 butir,” jelas AKP Bitap Riyani.

Saat interogasi awal, Y menerangkan bahwa benar obat yaridon tersebut adalah miliknya yang sebelumnya diterima dari jasa online.

Kepada polisi tersangka pemilik obat yaridon sudah mengedarkan obat keras tersebut selama empat bulan terakhir.

“Tersangka memasarkan barang yaridon dengan harga perpoketnya 275 butir seharga Rp 1 juta sedangkan beli 1 bal dengan jumlah 1.360 butir seharga Rp700 ribu,” katanya.

Baca Juga :  Kopka Azmiadi, Tentara Viral di Samarinda Mendapatkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Saat ini Tersangka dan barang bukti berada di Mako Polres Kubar untuk dilakukan proses penyidikan guna mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut.

Tersangka dijerat dengan pasal 197 UU RI nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan ancaman 15 tahun penjara denda Rp1,5 miliar subsider pasal 196  tentang kesehatan ancaman 10 tahun penjara denda Rp1 miliar.

Satreskoba Polres Kubar pun terus gencar dalam melakukan pemberantasan narkoba di Wilayah Kubar. Terhitung dalam bulan Januari hingga Maret 2023 berhasil mengungkap 19 kasus narkoba dengan 19 tersangka yang diamankan. (kbr)

Share :

Baca Juga

Hukum - Kriminal

Warga Binaan dan Petugas Lapas Kelas IIA Tenggarong Dites Urine

Hukum - Kriminal

Vendor Penjualan Tiket Coldplay Dipanggil Polisi, Klarifikasi Terkait Laporan Penipuan Jastip

Hukum - Kriminal

Balita di Samarinda Positif Narkoba Usai Bertamu ke Rumah Tetangga

Hukum - Kriminal

Pakai Sabu, Pelajar SMK Tertangkap Polisi di Tenggarong

Hukum - Kriminal

Sat Ops Patnal Kemenkumham Kaltim Melakukan Razia di Lapas Kelas II A Tenggarong

Hukum - Kriminal

Pelaku Penggelapan Solar Melarikan Diri, Dibekuk Polisi di Pesawat

Hukum - Kriminal

Anggota TNI Meringkus Sopir Travel Samarinda-Kubar Pengedar Narkoba

Hukum - Kriminal

Dua Pengetap Solar Bersubsidi Diringkus Polisi