Home / Infrastruktur / Pemerintah / Politik

Jumat, 16 Juni 2023 - 09:51 WIB

Tiga Hari Menjelang Peluncuran SATRIA-1, Persiapannya Mencapai 95 Persen

JAKARTA, eksposisi.com – Tiga hari menjelang peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1, persiapan teknis sudah mencapai 95%. SATRIA-1 akan diluncurkan dari Cape Canaveral Space Force Station, Orlando, Florida Amerika Serikat, pada Minggu (18/6/2023) waktu setempat atau Senin (19/6/2023) waktu Indonesia.

Tim Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah serta PT Satria Nusantara Tiga  terus memantau agar penyelesaian persiapan peluncuran tidak ada kendala dan berjalan lancar.

“Banyak sekali faktor-faktor yang perlu diperhatikan seperti cuaca. Untuk kendala saat ini belum ada, kita akan ikuti time line sesuai jadwal yang sudah disusun,” ujar Deputi Bidang Komunikasi, Informasi dan Aparatur, Kemenkopolhukam Arif Mustofa dikutip dari laman website Kemenkominfo.

Baca Juga :  SDN 010 Muara Jawa Ditunjuk Sebagai Sekolah Percontohan Oleh Otorita IKN

Menurut Arif Mustofa, pemerintah berharap agar peluncuran SATRIA-1 berhasil dan bisa mendukung akselerasi tranformasi digital nasional.

“Untuk pemenuhan atas kebutuhan masyarakat akan akses internet cepat. Seperti disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD selaku Plt Menkominfo, kami mohon doa atas kesuksesan, kelancaran dari proses peluncuran SATRIA-1 sampai ke orbit,” ungkapnya.

Deputi Koordinator Proyek PT Satelit Nusantara Tiga Heru Dwikartono menyatakan peluncuran SATRIA-1 akan berlangsung pada tanggal 18 Juni 2023 pukul 18:00 waktu setempat sesuai dengan jadwal terakhir.

“Per kemarin Rabu (14/6/2023), satelit sudah ditempatkan dalam kapsul dan kemudian dibawa ke launchpad dari fasilitas Space X. Sejauh ini dalam dalam perhitungan teknis sudah sampai 95%,” katanya.

Baca Juga :  AHY Resmi Dilantik Sebagai Menteri ATR BPN Gantikan Hadi Tjahjanto

Menurut Heru Dwikartono, salah satu faktor yang menjadi perhatian adalah faktor cuaca saat peluncuran.

“Sejauh ini kami melakukan pemantauan, dan jika tidak ada perubahan maka satelit bisa diluncurkan sesuai jadwal,” jelasnya.

Tahapan persiapan dimulai setelah SATRIA-1 tiba dari pabrikan Thales Alenia Space, Prancis di fasilitas peluncuran Space X, Florida Amerika Serikat. Dalam tahapan itu, berlangsung  pemasangan rocket adapter dan fairing (penutup satelit) pada roket peluncur.

“Setelah itu, roket akan dipindahkan dari hangar ke launch pad. Hitung mundur atau countdown peluncuran akan dimulai 4 jam sebelum peluncuran dan komputer akan mengambil alih proses peluncuran 60 detik sebelumnya,” jelasnya.

Tahapan peluncuran SATRIA-1 nantinya dapat disaksikan secara langsung melalui kanal YouTube Kementerian Komunikasi dan Informatika @kemenkominfoTV. (adm)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Peningkatan Konektivitas Jalan Penghubung Anggana-Muara Badak Jadi Prioritas

Advertorial

Pemkab Kukar Terus Dorong Potensi Pertanian Kopi Lokal

Infrastruktur

Ketua DPRD Kukar Menghadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mako Pasukan Pelopor II Brimob

Advertorial

Wabup Kutim Minta Ketua RT Tak Ikut Politik Praktis Pada Pemilu 2024

Pemerintah

Tekan Stunting Sejak Dini, DKP3A Kaltim Sasar Remaja untuk Diberi Edukasi

Advertorial

Pemkab Kukar Gelar Pasar Murah untuk Menjaga Stabilitás Pangan

Advertorial

Wabup Rendi Solihin Hadiri Ritual Adat Melarung Laut Bersama Ratusan Nelayan di Kecamatan Samboja

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Harapkan Pemilu 2024 Berjalan Lancar, Aman dan Adil