Home / Advertorial / Pemerintah

Senin, 9 Oktober 2023 - 19:55 WIB

ASN dari Sektor Pertanian di Kukar Ikuti Bimtek Kompetensi Budidaya Kopi

Peserta Bimtek Kompetensi Budidaya dan Pengolahan Kopi

Peserta Bimtek Kompetensi Budidaya dan Pengolahan Kopi

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) dari sektor Pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Kompetensi Budidaya Panen dan Pasca Panen Kopi yang dilaksanakan oleh Badan Kepagawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM.

Kegiatan tersebut dibuka Sekretarias BKPSDM Suhada, yang ditandai pengalungan tanda peserta di Aula Bimtek UPTD BPPSDM Provinsi Kaltim, Sempaja Samarinda Senin (9/10/2023)).

Bupati Kukar Edi Damansyah melalui sambutan tertulisnya dibacakan Suhada menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan bimtek bagi ASN bidang pertanian. Tentu, sejalan dan mendukung Program Kukar Idaman khususnya dalam pembangunan pertanian dalam arti luas yang salah satu bagiannya yakni sektor perkebunan.

Baca Juga :  Bapemperda DPRD Kukar Sedang Malakukan Finalisasi Rancangan Perda Permudah Investasi Daerah

“Penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan professional merupakan bagian penting dan sangat menentukan untuk keberhasilan pembangunan pertanian. Saya berharap melalui Bimtek ini, dapat mendorong percepatan pengembangan komoditas kopi di Kabupaten Kutai Kartanegara dari hulu sampai hilir (hilirisasi),” katanya.

Menurutnya, Kukar menjadi daerah sentra kopi salah satunya di wilayah Kecamatan Loa Kulu dan Marangkayu. Bahkan komoditas tersebut tergerus dengan komoditas lainnya seperti karet dan kelapa sawit.

Baca Juga :  Pembangunan Pabrik Rumput Laut di Kecamatan Muara Badak Dapat Dukungan Masyarakat

“Namun, Alhamdulillah saat ini minat masyarakat (petani) untuk mengembangkan kopi sudah mulai tumbuh kembali, mengingat pangsa pasarnya sangat menjanjikan. Beberapa daerah sudah menjadi sentra pengembangan kopi, antara lain di wilayah Jonggon (Loa Kulu), Desa Perangat Baru (Marangkayu), dan Cipari Makmur (Muara Kaman),” ujarnya.

“Program-program tersebut tentu telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2021-2026. Tujuan dan Sasaran Utama dari program ini adalah peningkatan produktivitas, produksi dan tingkat kesejahteraan petani (Nilai Tukar Petani – NTP),” jelasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Paripurna Istimewa Peringatan HUT ke-241 Kota Tenggarong Dihadiri Banyak Legislator dari Luar Daerah

Advertorial

Mengenang Jasa Pahlawan, Ketua DPRD Kukar Bersama Forkopimda Ziarah ke TMP Bukit Biru

Advertorial

Komisi IV DPRD Kaltim Minta Pemprov Tingkatkan Kualitas SLB

Advertorial

Jumpa Masyarakat, Wakil Ketua DPRD Kaltim Serap Aspirasi Petani

Advertorial

Perhatikan Ribuan Tenaga Honorer, Pemkab Kutim Nikkan Gaji Hingga 50 Persen

Pemerintah

Perjuangkan Kesejahteraan Tenaga Pendidik, Salehuddin Ungkapkan PPPK Guru akan Mendapat Kenaikan Tunjangan

Pemerintah

Bupati Kukar Protes BRI Tenggarong Terkait Bansos yang Belum Tersalurkan

Pemerintah

Dengarkan Persoalan Langsung dari Masyarakat, Ketua DPRD Kukar Lakukan Reses di Loa Ipuh Darat