Home / Advertorial / Pemerintah

Senin, 9 Oktober 2023 - 19:55 WIB

ASN dari Sektor Pertanian di Kukar Ikuti Bimtek Kompetensi Budidaya Kopi

Peserta Bimtek Kompetensi Budidaya dan Pengolahan Kopi

Peserta Bimtek Kompetensi Budidaya dan Pengolahan Kopi

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) dari sektor Pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Kompetensi Budidaya Panen dan Pasca Panen Kopi yang dilaksanakan oleh Badan Kepagawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM.

Kegiatan tersebut dibuka Sekretarias BKPSDM Suhada, yang ditandai pengalungan tanda peserta di Aula Bimtek UPTD BPPSDM Provinsi Kaltim, Sempaja Samarinda Senin (9/10/2023)).

Bupati Kukar Edi Damansyah melalui sambutan tertulisnya dibacakan Suhada menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan bimtek bagi ASN bidang pertanian. Tentu, sejalan dan mendukung Program Kukar Idaman khususnya dalam pembangunan pertanian dalam arti luas yang salah satu bagiannya yakni sektor perkebunan.

Baca Juga :  Anggota DPRD Apresiasi Pemkab Kutim Dalam Pengeloalaan Pelayanan Kependudukan

“Penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan professional merupakan bagian penting dan sangat menentukan untuk keberhasilan pembangunan pertanian. Saya berharap melalui Bimtek ini, dapat mendorong percepatan pengembangan komoditas kopi di Kabupaten Kutai Kartanegara dari hulu sampai hilir (hilirisasi),” katanya.

Menurutnya, Kukar menjadi daerah sentra kopi salah satunya di wilayah Kecamatan Loa Kulu dan Marangkayu. Bahkan komoditas tersebut tergerus dengan komoditas lainnya seperti karet dan kelapa sawit.

Baca Juga :  Pemdes Jantur Kunjungi Kelurahan Maluhu Diskusi Terkait Karang Taruna

“Namun, Alhamdulillah saat ini minat masyarakat (petani) untuk mengembangkan kopi sudah mulai tumbuh kembali, mengingat pangsa pasarnya sangat menjanjikan. Beberapa daerah sudah menjadi sentra pengembangan kopi, antara lain di wilayah Jonggon (Loa Kulu), Desa Perangat Baru (Marangkayu), dan Cipari Makmur (Muara Kaman),” ujarnya.

“Program-program tersebut tentu telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2021-2026. Tujuan dan Sasaran Utama dari program ini adalah peningkatan produktivitas, produksi dan tingkat kesejahteraan petani (Nilai Tukar Petani – NTP),” jelasnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Universitas Segera Bersiap Sambut Kehadiran IKN

Advertorial

Bupati Kukar Bersilaturahmi Bersama Petani dan Nelayan di Kecamatan Muara Kaman

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Sebut Pertambangan dan Tantangan Menciptakan Investasi Kondusif

Advertorial

Pemkab Kukar Berencana Berikan Tunjangan ASN Dalam Bentuk Beras

Pemerintah

Edi-Rendi Hadiri Panen Jagung Hibrida di Muara Kaman

Infrastruktur

Wabup Rendi Solihin Dorong Pembangunan Infrastruktur Perikanan Secara Berkelanjutan di Kukar

Advertorial

Wakil Ketua DPRD Kaltim Sebut Pembangunan IKN Tidak Akan Menimbulkan Kerusakan Hutan

Pemerintah

Pemkab Kukar Raih Penghargaan Beruntun, Bukti Kerja Keras Edi-Rendi dan Jajaran