Home / Hukum - Kriminal

Kamis, 25 Mei 2023 - 10:14 WIB

Perkuat Deteksi Dini Gangguan Keamanan, Kalapas Tenggarong Ikuti Konsolidasi Intelijen

SAMARINDA, eksposisi.co – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tenggarong Agus Dwirijanto mengikuti kegiatan konsolidasi intelijen pemasyarakatan dan penguatan sistem database pemasyarakatan (SDP) fitur keamanan.

Kegiatan yang digagas oleh Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (Kaltim) ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai sejak tanggal 24 sampai dengan 26 Mei 2023, di Hotel Aston Samarinda.

Jumadi, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kaltim dalam sambutannya menyampaikan bahwa dinamika pemasyarakatan saat ini sangat komplek dan berpotensi menimbulkan gangguan keamanan jika tidak disikapi dengan langkah cepat dan tepat.

Baca Juga :  Kejari Kukar Musnahkan 250 Ton Batu Bara Hasil Tambang Ilegal

“Melalui konsolidasi ini diharapkan ada penguatan secara internal sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan keamanan,” ujarnya.

Tujuannya bukan lagi meminimalisir melainkan langkah preventif dalam melakukan deteksi dini gangguan keamanan di dalam lapas/rutan.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI, dalam hal ini Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Keamanan dan Ketertiban Erwedi Supriyatno, dalam pemaparannya mengatakan, bahwa kompleksitas permasalahan didalam lapas/rutan salah satunya adalah komitmen dan integritas petugas dalam melaksanakan tugas.

“Jika tidak bisa memberikan prestasi, janganlah memberikan masalah bagi institusi,” paparnya.

Baca Juga :  Wakil Bupati Kutai Kartanegara Gali Potensi Rumput Laut dari Sulawesi Selatan

Sementara itu, Agus Dwirijanto yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pihaknya beserta seluruh jajaran berkomitmen dalam mengimplementasikan 3 (tiga) kunci pemasyarakatan maju dan program back to basics pemasyarakatan, salah satunya dengan kegiatan deteksi dini.

“Saat ini lapas Tenggarong sedang menjalin komunikasi dengan pihak polres, kodim dan BNK Kutai Kartanegara dalam hal kegiatan pencegahan gangguan keamanan,” ungkapnya.

Komunikasi dimaksud nantinya akan diwujudkan dalam bentuk perjanjian kerjasama. Pihaknya berharap dalam waktu yang tidak lama dapat dilakukan penandatanganan kerjasama tersebut.

Share :

Baca Juga

Hukum - Kriminal

Dua Pengetap Solar Bersubsidi Diringkus Polisi

Hukum - Kriminal

Sindikat Curanmor Ditangkap, 45 Unit Sepeda Motor Diamankan Polres Kukar

Hukum - Kriminal

Kejari Kubar Panggil 20 Saksi Dalam Perkara Dugaan Tipikor Proyek Pengadaan BBM

Hukum - Kriminal

Ayah Cabuli Anak Kandung Hingga Hamil

Hukum - Kriminal

DPC Partai Demokrat Kukar Ajukan Perlindungan Hukum ke PN Tenggarong, Terkait Upaya PK Oleh Moeldoko di MA

Hukum - Kriminal

Vendor Penjualan Tiket Coldplay Dipanggil Polisi, Klarifikasi Terkait Laporan Penipuan Jastip

Hukum - Kriminal

Anggota TNI Meringkus Sopir Travel Samarinda-Kubar Pengedar Narkoba

Hukum - Kriminal

Lapas Kelas II A Tenggarong Mengusulkan 870 WBP Mendapat Remisi Khusus Saat Perayaan Idul Fitri 1444H