Home / Advertorial / Infrastruktur / Pemerintah

Senin, 2 Oktober 2023 - 19:42 WIB

Wabup Kukar Rendi Solihin Salurkan Bantuan kepada Petani di Muara Kaman

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Muara Kaman

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Muara Kaman

KUTAI KARTANEGARA, eksposisi.com – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin melakukan kunjungan kerja lapangan dan melihat langsung kondisi petani yang ada di Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman.

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk bersilaturahmi dengan para petani, dan juga sekaligus menyalurkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar kepada para petani.

Dalam kesempatan tersebut, Sunanto salah satu petani mengaku, bantuan yang diberikan Pemkab Kukar sangat membantu untuk kebutuhan pertanian di daerahnya.

Ia menilai, bahwa baru kali ini ada bantuan yang diterima petani yang tidak melalui prosedur yang bertele-tele.

“Biasanya banyak prosedur yang harus kami lakukan, tapi ini tidak banyak prosedur dan bisa langsung digunakan petani,” kata Sunanto.

Baca Juga :  Bantuan Fasilitas Bagi 25 Ribu Nelayan Program Prioritas Pemkab Kukar

Bantuan yang diberikan akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh petani dan juga turut berkomitmen untuk ikut serta mensukseskan program pemerintah menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur (Kaltim) serta menjadi daerah penopang Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Tentu kita semakin bersemangat, terima kasih kami sampaikan kepada Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati atas perhatiannya kepada petani,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin mengatakan, pemerintah akan memberikan perhatian yang lebih kepada petani. Saat ini anggaran untuk pertanian di 2023 mencapai Rp800 miliar hingga Rp1 triliun.

“Ini karena ada beberapa kecamatan yang telah ditetapkan sebagai lokus pertanian. Jadi, anggaran pertanian tidak seperti biasa lagi, jika tahun-tahun sebelumnya setahun hanya berkisar Rp300 miliar sampai Rp400 miliar, kini naik dua kali lipat,” jelas Rendi.

Baca Juga :  Pemerintah Pusat Setujui Pembangunan Jembatan di Kecamatan Sebulu

Anggaran tersebut diperuntukan tiga tujuan utama, diantaranya, infrastruktur yang meliputi jalan usaha tani hingga pembangunan embung. Lalu, bantuan berbagai jenis pupuk, baik pupuk organik maupun pupuk NPK. Terakhir, terkait modernisasi alat pertanian yang nantinya akan disalurkan sebagai perlatan modern untuk mendukung dan mempermudah aktivitas pertanian.

“Selain kecamatan yang menjadi lokus pertanian, tiga hal pokok itu menjadi perhatian kami untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat. Seperti alat pertanian di kecamatan lain banyak petani-petani yang sepuh, makanya modernisasi pertanian ini kami anggap penting untuk masyarakat,” tutupnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Peringati Hari Anti Korupsi se-Dunia, Pemkab Kutim Gelar Jalan Sehat Bersama Ribuan Peserta yang Hadir

Advertorial

Disdikbud Melakukan Pendataan Kelompok Seni di Kukar Agar Mempermudah Pembinaan

Advertorial

Pemkab Kukar Terus Berupaya Tingkatkan Infrastruktur Jalan Secara Merata

Advertorial

Ikuti Bupati Cup Mini Soccer Antar OPD 2023, Disdikbud Kukar Raih Juara Dua

Advertorial

Desa Kota Bangun III Manfaatkan Kolam Bekas Tambang Menjadi Objek wisata yang Ramai Pengunjung

Pemerintah

Wabup Rendi Solihin Prihatin Maraknya Peristiwa Laka Air di Kukar

Advertorial

Sambut Hari Raya Nyepi 2023, Umat Hindu di Desa Kerta Buana Menggelar Pawai Ogoh-ogoh

Advertorial

Pemusatan Latihan Kafilah MTQ Kukar Resmi Berakhir