Home / Hukum - Kriminal

Jumat, 14 April 2023 - 19:45 WIB

Lapas Kelas II A Tenggarong Mengusulkan 870 WBP Mendapat Remisi Khusus Saat Perayaan Idul Fitri 1444H

WBP Lapas Kelas II A Tenggarong berbuka bersama keluarga

WBP Lapas Kelas II A Tenggarong berbuka bersama keluarga

KUTAI KARTANEGARA, ekspsosisi.com – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444H, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tenggarong mengusulkan remisi khusus kepada 870 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari total 1254 orang penghuni Lapas

“Pengusulan remisi khusus ini dilakukan melalui sistem database pemasyarakatan yang terkoneksi langsung dengan database Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Jakarta”, ungkap Kepala Lapas Kelas II A Tenggarong, Agus Dwirijanto pada Jumat (14/4/2023).

Agus Dwirijanto menjelaskan bahwa pemberian remisi adalah hak bagi setiap WBP, selama yang bersangkutan telah memenuhi syarat subtantif dan administratif yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  Kejari Kukar Fasilitasi Restorative Justice Kasus Penganiayaan di Marang Kayu, Pelaku dan Korban Bersepakat Damai

“Berkelakuan baik selama 9 bulan terkahir dan aktif dalam program pembinaan dengan predikat baik itu salah satu persyaratannya,” jelasnya

Ia menuturkan penggunaan sistem database pemasyarakatan yang telah berjalan dalam pengusulan remisi bertujuan untuk peningkatan pelayanan diantara kepastian dan ketepatan waktu dalam pelayanan.

Agus juga menegaskan bahwa penggunaan sistem database ini juga sejalan dengan prinsip layanan tanpa pungli dan gratifikasi.

Bahkan pihaknya memberi ruang kepada seluruh masyarakat jika menemukan pelanggaran etik dalam pemberian remisi ini untuk tidak ragu melaporkan hal tersebut.

Baca Juga :  Dua Pengetap Solar Bersubsidi Diringkus Polisi

“Saya akan tindak tegas setiap pelanggaran etik yang dilakukan oleh petugas dalam memberikan layanan remisi ini.” Tegasnya

Selama Bulan Ramahan ini pun Lapas Kelas II A Tenggarong mengadakan berbagai macam kegiatan selain pelaksanaan sholat tarawih dan tadarus, Lapas Tenggarong mengadakan buka bersama antara WBP dengan keluarganya yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai sejak 11-13 April 2023 dan menggelar acara Lomba Islami WBP.

“Ini bagian dari komitmen kami dalam memberikan pelayanan dan sebagai bagian dari upaya menciptakan Lapas yang aman dan tertib,” pungkasnya. (kkr)

Share :

Baca Juga

Hukum - Kriminal

Anggota TNI Meringkus Sopir Travel Samarinda-Kubar Pengedar Narkoba

Hukum - Kriminal

Pakai Sabu, Pelajar SMK Tertangkap Polisi di Tenggarong

Hukum - Kriminal

Kejati Kaltim Gelar Duta Pelajar Sadar Hukum Tuna Daksa di Kukar

Hukum - Kriminal

Vendor Penjualan Tiket Coldplay Dipanggil Polisi, Klarifikasi Terkait Laporan Penipuan Jastip

Hukum - Kriminal

MK Tolak Gugatan Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

Hukum - Kriminal

Kejari Kubar Panggil 20 Saksi Dalam Perkara Dugaan Tipikor Proyek Pengadaan BBM

Hukum - Kriminal

Pengedar Obat Keras di Kubar Dibekuk Polisi, Tersangka Memesan Barang Melalui Jasa Online

Hukum - Kriminal

Jalin Silaturahmi Bersama Masyarakat, Polres Mahakam Ulu Rutin Menggelar Jumat Curhat